Sayuran Tip Burn Masih Bisa dikonsumsi, Bukan Sayuran Rusak

Apakah kalian pernah menemukan sayuran jenis selada yang tepi daunnya terlihat gosong atau terbakar pada bagian pucuk daun muda? Menurut beberapa praktisi hidroponik, itu adalah gejala tip burn atau biasa dikenal dengan gosong ujung pada bagian daun muda. Kualitas sayuran khususnya selada yang mengalami tip burn pastinya akan menurun karena selain pucuk daun menjadi terlihat cacat (tampak terbakar, hitam, dan munculnya nekrosis), tip burn juga akan mengurangi daya simpan selada. Dan akhirnya, selada pun menjadi terlihat tidak layak untuk dikonsumsi.

APA ITU TIP BURN dan KENAPA BISA TERJADI?

Tip burn adalah kondisi dimana Kalsium (Ca) tidak naik sampai ke ujung daun. Penyebab tip burn bukan semata-mata karena kekurangan Ca saja, bisa jadi Ca cukup di larutan (untuk hidroponik) tapi Ca tidak terserap dengan baik oleh sayuran dan manajemen nutrisi yang salah misalnya terlalu pekat atau terlalu encer. Bisa juga faktor lingkungan misalnya kelembaban udara (RH) rendah, dan suhu lingkungan yang tinggi Tip burn memang kerap terjadi pada selada dikarenakan distribusi Ca yang tidak naik sampai ke semua bagian tanaman atau tidak merata, terutama pada daun muda dan ujung daun. Cara meminimalisir tip burn yang sudah pasti akan terjadi adalah dengan melakukan pengurangan intensitas cahaya dengan pemasangan paranet 35%.

APAKAH SAYURAN TIP BURN MASIH BISA DAN LAYAK DIKONSUMSI?

Sebetulnya sayuran yang mengalami tip burn akan sering terjadi khususnya pada selada. Namun sayuran yang mengalami tip burn tidak akan menjadi terkena bakteri atau racun. “Kami menyebutnya sayuran tip burn adalah sayuran yang rusak secara visual”, sedikitpun tidak akan merubah rasa, kualitas sayuran, ataupun kesegaran nya. Sayuran yang mengalami tip burn memang akan sedikit mengganggu kecantikan sayur saat ada di atas piring dan disajikan kepada orang lain atau akan dimakan sendiri. Namun tidak akan memiliki efek samping apapun jika tidak sengaja ataupun secara sengaja memakan sayuran yang mengalami tip burn.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to get 15% discount