Biar Sayuranmu Awet, Begini Caranya

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara menyimpan sayur. Jangan satukan sayur dan buah. Walaupun sama – sama memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan dan juga sebagai zat pengatur tubuh, sayur dan buah masing-masing punya sifat khusus. Karena sebagian besar buah akan menghasilkan zat etilen, yang sifatnya mempercepat kematangan sayur. Tips lainnya adalah, jangan mencampur sayur dengan bawang putih dan bawang merah menjadi satu wadah, karena akan mempercepat pembusukan. Sayuran yang akan disimpan dalam lemari pendingin jenis daun ada baiknya dipisahkan satu persatu dari batangnya.  

Beberapa tips yang bisa dilakukan agar sayuran yang disimpan tidak cepat rusak dan tetap terjaga kualitasnya, simak penjelasannya ya!!

  • Cuci dan keringkan sayuran sebelum disimpan.

Setelah membeli sayuran, langsung cuci bersih setiap bagiannya dengan air mengalir dan sabun anti-bakteri. Agar seluruh bakteri dan kotoran yang menempel lepas dari permukaannya. Bakteri dan kotoran merupakan salah satu faktor yang mempercepat proses pembusukan. Setelah dicuci, lap dan keringkan sayuran sebelum memasukkannya ke dalam lemari pendingin.

  • Bungkus dengan Kertas atau Plastik Berlubang 

Sangat tidak dianjurkan untuk menyimpan sayuran dalam wadah yang tertutup rapat. Sayuran tetap butuh oksigen untuk bertahan. Sebaiknya gunakan kertas atau plastik berlubang untuk membungkus sayuran yang berada di dalam lemari pendingin. Kertas akan mencegah suhu kulkas menyerap ke dalam sayuran sementara plastik berlubang akan memberi akses aliran udara yang dibutuhkan oleh sayuran itu sendiri.

  • Pisahkan Sayuran dan Buah-buahan

Kamu harus menyimpan sayuran secara terpisah dengan buah. Buah-buahan dapat menghasilkan zat etilen, yang akan mempercepat kematangan bahan makanan segar. Pada akhirnya ini menyebabkan proses pembusukan terjadi lebih cepat. Jika ingin sayuran kamu bertahan selama tiga hari tanpa membusuk dan layu, akan lebih baik jika disimpan di rak khusus sayuran yang terpisah dari buah-buahan dan bawang-bawangan.

  • Cek Suhu Di dalam Kulkas dengan Teratur

Cara menyimpan sayuran agar tahan lama di kulkas berikutnya adalah, selalu cek suhunya. Suhu yang baik untuk menyimpan sayuran adalah 1-4 derajat celcius. Bila suhu lebih tinggi, bakteri akan mudah berkembang dan membuar aroma serta cita rasa  sayuran jadi tidak sedap.

  • Periksa Kondisi dan Kualitas Sayuran Secara Berkala

Ketika menyimpan sayuran di lemari pendingin, kamu tetap tidak bisa membiarkannya selama berhari-hari. Sayuran sebaiknya disimpan tidak lebih dari tiga hari untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya. Jika kamu ingin menyimpannya lebih dari itu, pastikan untuk selalu mengecek kondisinya setiap hari. Segera buang bagian sayuran yang mulai layu, menguning, atau bahkan sudah membusuk agar sayuran yang lain tidak terkontaminasi.

  • Tata Sayuran Sesuai dengan Jenisnya di Rak dalam Lemari Pendingin

Kulkas umumnya memiliki 3-4 rak penyimpanan, jadi pergunakanlah dengan baik untuk menyusun sayuran yang kamu punya sesuai dengan jenisnya. Misalnya, letakkan sayuran berdaun, seperti kangkung, sawi, dan bayam di rak terbawah. Suhu di sana cenderung stabil sehingga aman untuk sayuran yang lebih rentan.

  • Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas dengan Wadah

Jika ingin sayuran tersusun dengan lebih rapi, kamu bisa menggunakan wadah. Namun sebelum diletakkan di wadah, kamu harus melepas daun per daun nya. Cuci sayuran yang akan kamu taruh di wadah dengan cara ditumpuk namun jangan ditekan. Dengan cara seperti ini, sayuran segar mu akan lebih lama bertahan dan tetap terjaga kualitasnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to get 15% discount