Kalo inget warna hijau dan super kalian inget apa hayoo? Hulk? yaa betul, tapi kali ini kita gak akan bahas Hulk ko. Kali ini mimin akan bahas Sayuran hijau. Sayuran hijau memiliki kandungan serat yang tinggi, serta kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, tidak heran jika sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dianjurkan untuk Kesehatan tubuh. Sayuran hijau merupakan kelompok makanan yang kaya nutrisi, tidak sulit dicari, harga yang relatif terjangkau, serta pengolahannya yang mudah, dan dapat dikombinasikan menjadi beragam menu masakan. Hal-hal tersebut merupakan alasan yang kuat untuk memasukkan sayuran hijau ke dalam pola makan kamu sehari-hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan 2—3 porsi sayuran berdaun hijau tua per minggu dapat menurunkan risiko kanker colon, kanker payudara, dan kanker kulit. Anti-oksidan yang sama juga telah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, Kamu juga tidak perlu takut mengalami kelebihan berat badan nantinya jika mengonsumsi sayuran hijau, karena kalorinya rendah dan kandungan serat yang tinggi dalam sayuran hijau dapat membuat Kamu cepat kenyang dan tidak cepat lapar, sehingga dapat mencegah Kamu untuk makan secara berlebihan.

Ragam Manfaat me-Konsumsi Sayuran Hijau

Manfaat sayuran hijau bagi kesehatan tidak terlepas dari besarnya kandungan vitamin, mineral, serat, dan beragam nutrisi lain di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayuran hijau yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti kale dan bayam, diyakini mampu menjaga kesehatan mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin yang ada di dalam sayuran hijau mampu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula akibat pertambahan usia dan katarak.

2. Mencegah rheumatoid arthritis

Mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, kale, bok choy, mampu menurunkan risiko munculnya penyakit rheumatoid arthritis. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya, seperti vitamin A, C, dan K, yang mampu menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh, termasuk radang sendi.

3. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin, proses buang air besar Kamu akan lebih lancer dan menjaga Kesehatan saluran pencernaanmu.

4. Mencegah penyakit jantung

Sayuran hijau kaya akan fitokimia, seperti flavonoid dan karotenoid, serta vitamin K dan vitamin C yang dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Kamu perlu mengonsumsi sayuran hijau secara rutin.

Meski banyak sekali manfaat sayuran hijau bagi kesehatan tubuhmu, namun tetap harus menjaga kebersihan dan kesegaran sayuran hijau yang akan Kamu makan atau olah. Jika Kamu memiliki kondisi kesehatan khusus dan memerlukan panduan makan, termasuk pemilihan jenis sayur, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to get 15% discount