Memilih Sayuran Segar, Sehat dan Berkualitas?Begini Caranya

Dalam keseharian, makanan sehat seperti sayuran dan buah – buahan sangat penting untuk tubuh. Namun, cara memilih sayuran yang baik juga tak kalah pentingnya, lho!! Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi dan vitamin yang baik. Salah satu jenis makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang baik adalah sayuran.

Peran sayuran sangat penting bagi manusia, bahkan proses pemilihan sayuran yang akan dikonsumsi pun harus sangat penting untuk diketahui dan dicermati.Jangan sampai memilih sayuran dengan sembarangan karena bisa jadi berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai panduan buat kamu, berikut adalah cara memilih sayuran yang baik.

1. Pastikan Sayuran Tidak Layu

Cara pertama dalam memilih sayuran yang baik yaitu dengan melihat kesegaran sayuran. Kesegaran sayuran bisa diketahui dengan cara melihat apakah daun dan tangkainya layu atau tidak. Jika layu, berarti sayuran tersebut sudah kurang baik dan tidak segar. Untuk sayuran berdaun hijau seperti sawi, selada, kangkung, memiliki perbedaan yang jelas dalam hal ini.

2. Perhatikan Warna Sayuran

Warna sayuran juga bisa menjadi ciri dari kualitas sebuah sayuran. Kesegaran sayuran bisa terlihat dari warnanya, apakah masih berupa warna asli atau memiliki warna cerah. Jika sayuran sudah berubah warna, sebaiknya jangan dipilih karena hal itu mengindikasikan bahwa sayuran sudah tak lagi segar dan sehat.

3. Sayuran Harus Bebas Pestisida

Bagaimana cara melihat sebuah sayuran menggunakan pestisida atau tidak? Caranya sangat gampang, cukup lihat dari bentuk sayuran apakah normal atau tidak. Jika daun sayuran normal, berarti tidak disemprot atau diberikan pestisida yang membuat perkembangan daun lebih cepat. Dengan kata lain sayuran tersebut sehat dan tak mengandung pestisida.

5. Pilihlah Sayuran yang Baik dari Tekstur dan Baunya

Teksturnya tidak lembek dan juga tidak berbau. Kriteria tersebut wajib ada dalam sayuran yang akan kamu pilih sebagai pertanda sayuran tersebut segar dan sehat. Jika sayuran lembek, berbau, dan memiliki tekstur yang aneh, sebaiknya jangan dipilih karena itu adalah indikasi sayuran yang tak sehat.

7. Sayuran yang Baik adalah Sayuran yang dipanen langsung dari Tempatnya

Sebaiknya langsung memilih dan membeli sayuran dari tempat sayuran itu di produksi. Sayuran yang langsung diambil atau dipanen dari tempat produksinya, aroma, bentuk, dan rasa yang masih segar.

8. Pilih Sayuran yang Belum Dibersihkan

Tahu tidak, sayuran yang masih baik dan segar justru yang belum dibersihkan, lho.

Biasanya, ciri-cirinya yaitu sayuran masih memiliki akar. Sayuran yang belum dibersihkan terbukti jauh lebih sehat, segar, serta lebih sedap untuk dinikmati.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to get 15% discount