FAQ

Q: Bagaimana sistem indoor vertical farming bekerja?

A: Indoor vertical farming adalah pertanian moderen yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses penanaman. Dilakukan pada lingkungan yang terkontrol dan tertutup menjadikan teknik ini salah satu cara untuk memutus penyebaran hama pada tanaman sehingga tanaman dapat tumbuh tanpa pestisida. Lingkungan yang terkontrol dengan IoT juga dapat memberikan konsistensi kebutuhan tanaman secara kontinu baik dari pemberian nutrisi, menjaga suhu dan kelembaban, cahaya, pH air dan juga otomatisasi photoperiodic (lama terkena sinar). Dengan cara tersebut menjadikan Indoor Vertical farming sebagai salah satu teknik bertani di era moderen dengan berfokus pada kualitas, konsistensi dan mewujudkan ketahanan pangan di suatu daerah maupun negara.


Q: Berapa investasi yang diperlukan untuk memulai indoor farming?

A: Untuk investasi bergantung pada luas lahan dan komoditas apa yang ingin ditanam. Pada prinsipnya sama, semakin luas lahan maka biaya akan semakin kecil. Namun kelebihan dari indoor vertical farming ini adalah untuk luasan lahan hanya 24m2 kita sudah bisa menghasilkan 5.000 lubang tanam, dimana hasilnya bisa 100x lipat dengan cara konvensional.


Q: Hasil tanamannya dijual kemana?

A: Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita bertanya mulai dari tanaman apa yang kita ingin tanam? Dengan keuntungan penanaman di dalam ruangan dimana suhu, cahata dan kelembaban dapat kita kontrol serta bebas hama, kita dapat menanam tanaman yang sulit ditanam di lahan terbuka sekalipun dengan memodifikasi lingkungan sesuai dengan standar hidup tanaman tersebut. Tanam tanaman yang bernilai ekonomi tinggi dan hasil yang diperoleh juga akan tinggi.


Q: Tunas Farm buka pelatihan tidak?

A: Tunas Farm memiliki misi untuk menjadikan petani Indonesia, petani unggul di dunia, dimana SDM yang cakap dipadukan dengan teknologi yang moderen akan menjadikan kita juara dalam bidang pertanian. Pelatihan akan diadakan sesegera mungkin. Untuk update info dapat mem-follow instagram kami di www.instagram.com/tunas.farm


Q: Alat-alat IoT nya dijual juga untuk petani?

A: Alat-alat IoT kami dijual dalam bentuk lisensi dimana nanti petani tidak perlu membayar diawal. Untuk alat penunjang seperti Lampu LED kami jual terpisah.


Q: Kalau ingin kerjasama seperti apa?

A: Kami memiliki skema kerjasama bagi hasil dengan petani. Dimana petani dapat menggunakan sistem kami, IoT kami dan juga hasil panen akan kami serap. Partner hanya mempersiapkan lahan dengan spesifikasi Tunas System, dan hitungannya akan kami rincikan dalam proposal. Apabila tertarik dengan kerjasama ini pertner dapat mengajukan permohonan ke [email protected]